Berfikir Komputasional

 Berfikir Komputasional

Dibuat oleh:

Nama siswa: Diajeng Ayu Wulansari

A. Pengertian 

Berfikir secara komputasi atau Computational Thinking CT) merupakan proses berpikir yang dilibatkan dalam merumuskan masalah serta mengekspresikan solusinya sedemikian rupa hingga dapat diaplikasikan oleh mesen atau mesin dengan operator manusia ntuk bekerja secara efektif.

B. Tahap Berfikir Komputasional 

1. Sensing Problem 

Sensing Problem adalah merupakan tahapan awal yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah solusi atau pemecah masalah. Caranya dengan mengenali dan melakukan proses klarifikasi masalah yang ditemukan kemudian merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan masalah, mengumpulkan informasi yang sesuai, mengumpulkan data yang ada, meringkas informasi, kemudian mendefinisikan tujuan yang diinginkan dari masalah tersebut. 

2. Defining Problem

Dalam tahap ini kita menentukan masalah yang ada dengan menggunakan informasi yang telah dikumpulkan secara lengkap dan efektif, kemudian pemecah masalah menjadi bagian yang lebih kecil lagi dan mudah untuk dicarikan solusinya.

3. Deriving solutions

Tahap ini berkaitan dengan melakukan pemeriksaan terhadap berbagai macam solusi yang digunakan, yaitu dengan cara memutuskan pilihan yang mungkin dan tindakan yang harus dilakukan, mengetahui seberapa banyak informasi yang digunakan untuk menghasilkan sebuah keputusan yang dipilih dari beberapa alternatif pilihan.

4. Implemeting Solutions

Pada tahap ini kita menerapkan dan memberikan informasi serta solusi yang sesuai.

5. Evaluating Outcomes

Pada tahap ini kita melakukan pemantauan hasil dari tindakan dan pilihan yang telah dijadikan solusi pemecah masalah.


C. Penerapan Berfikir Komputasional

Kasus: siswa terlambat masuk kesekolah

1. Sensing problem

A. Mengindentifikasi masalah

Dugaan sementara kasus siswa yang terlambat masuk sekolah disebabkan oleh siswa yang mungkin terlambat bangun pagi karena di malam harinya siswa tidur terlalu larut sehingga menyebabkan siswa terlambat bangun pagi dan terlambat datang kesekolah.

B. Merumuskan pertanyaan

1. Apa penyebab siswa terlambat datang kesekolah?

2. Apa yang menyebabkan siswa tidur larut malam jika siswa terlambat karena kesiangan?

3. Pada pukul berapa biasanya siswa tidur paling lambat di malam hari?

4. Apa ada faktor lain yang menyebabkan siswa terlambat ke sekolah selain bangun kesiangan?

5. Apa sangsi yang cocok untuk siswa yang sering terlambat datang ke sekolah?

C. Mengumpulkan data

- Nama siswa: Adlina   Kelas: 9A

1. Telat bangun

2. Begadang bermain hp atau mengerjakan pr

3. Satu pagi

4. Macet dijalan,adanya barang tertinggal sehingga harus pulang lagi

5. Menghukumnya tapi jika sudah berkali² terlambat harus memanggil orangtuanya

- Nama siswa: Karthika   Kelas: 9A

1. penyebabnya siswa suka bangun kesiangan Karna slalu begadang di malam hari nya

2. banyak anak di jaman sekarang sering tidur larut malem Karna pada malam hari nya sedang bermain game dan itu salah satu faktor tidur larut malam

3. paling lambat nya adalah pada pukul 22.00

4. faktor nya lainnya adalah bermain game ketika malam hari bahkan sampai larut malam

5. deengan cara di beri peringatan dan di nasehati.

- Nama siswa: Vargas   Kelas: 9A

1. kemungkinan faktor penyebab tidur terlalu lama dan malah menunda² waktu tidur

2. yaitu di sebab kan siswa tersebut begadang seperti bermain hp dengan jangka waktu lama sehingga siswa tersebut tidur larut malam

3. pada pukul 21.00

4. kemungkinan karena tidak terbiasa bangun pagi² dan sering membuang buang waktu yg telah di berikan 

5. lebih bagus di kasih surat peringatan dan mengajak ortunya untuk bekerjasama supaya untuk selalu memantau dan memberi ketegasan terhadap siswa tersebut

- Nama siswa: Vikri   Kelas: 9B

1. Ketiduran

2. Main hp

3. Saya sih jam 1

4. Ada musibah di jalan, contoh ban motor atau mobilnya bocor, ada pohon tumbang yg menghalangi jalan, hujan deras

5. Poin negatif mungkin

- Nama siswa: Zaidan   Kelas: 9B

1. Tidur larut malam, kurangnya istirahat

2. Aktivitas yang membuatnya susah untuk tidur

3. Jam 1-2 pagi

4. Lupa nyalain alarm, gk di bangunin ortu

5. Memberi nya 3 kali peringatan, kalo dh 3 kali peringatan (pemanggilan ortu)

- Nama siswa: Ade   Kelas: 8B

1. Lambat bangun pagi

2. Bermain hp

3. Pada pukul 1 malam

4. Faktor cuaca yang tidak mendukung

5. Memberi peringatan kepada siswa tersebut

- Nama siswa: Dina   Kelas: 8A 

1. Bagun kesiangan 

2. Main hp 

3. 10 malem ( 22:00 )

4. Macet di perjalanan menuju sekolah

5. Membersihkan toilet 

D. Kesimpulan masalah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ensiklopedia tentang Canada